Cara Tepat Untuk Mengatasi Luka Bakar Ringan.

Dalam melakukan aktivitas sehari-hari, kita banyak menggunakan api sebagai sarana penunjang aktivitas. Salah satunya untuk memasak.

Selain membantu manusia, kadang api juga bisa menjadi ‘hal berbahaya’ yang dapat menimbulkan kerugian pada manusia saat kita tidak berhati-hati menggunakannya. Salah satu bentuk dampak buruk karna penggunaan api yang kurang hati-hati adalah timbulnya luka bakar.

Nah kali ini saya akan membagikan sedikit tips untuk mengatasi Luka bakar ringan yang mungkin terjadi saat anda melakukan aktivitas.

Pertama.

Saat anda terkena api atau percikan benda panas, segeralah cuci luka atau bagian yang terkena benda panas tersebut dengan air mengalir selama 5 hingga 15 menit! Gunakan air dengan suhu normal. Jangan gunakan air es atau air dingin karna dapat memperparah kerusakan jaringan akibat luka bakar! Jangan menggunakan pasta gigi, kecap, mentega, atau bubuk teh untuk mengatasinya. Hal tersebut akan memperburuk luka bakar yang anda alami.

Pemberian H2O atau air pada luka bakar berfungsi untuk mendinginkan luka bakar dan mencegah penyebaran kerusakan jaringan.

Jangan menyentuh luka bakar anda dengan tangan yang kotor! Bersihkan terlebih dahulu tangan anda sebelum menyentuh luka bakar tersebut. Hal ini bertujuan untuk mencegah timbulnya infeksi bakteri pada luka bakar.

Kedua.

Jika pada luka bakar timbul bengkak berisi cairan (bula/blister), jangan dipecahkan! Karna jika bengkak berisi cairan tersebut dipecah, maka akan meningkatkan kemungkinan terjadi infeksi bakteri.

Bengkak berisi cairan pada luka bakar (Blister/Bula)
Bengkak berisi cairan pada luka bakar (Blister/Bula)

Setelah luka bakar dingin, cuci luka tersebut dengan sabun lembut dan air. Lalu keringkan dengan kain bersih atau kasa.

Beri salep antibiotik. Salep yang biasa digunakan seperti Bacitracin atau Polysporin. Dapat juga menggunakan obat dengan merek dagang seperti Bioplacenton. Salep dapat digunakan setiap kali anda membersihkan luka bakar.

Semoga membantu, semoga lekas sembuh!

Jika luka bakar berlanjut makin parah, segera hubungi dokter terdekat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s