#NiceToKnow Lingkaran Penyakit Berbahaya yang Dapat Dicegah!

Penyakit Jantung Koroner, Hipertensi, dan Diabetes merupakan kumpulan penyakit yang membentuk lingkaran yang terhubung satu sama lain.

Diabetes dapat menyebabkan terjadinya hipertensi, hipertensi dapat menyebabkan timbulnya diabetes, hipertensi dan diabetes dapat menyebabkan terjadinya penyakit jantung koroner.

Ketiga penyakit tersebut saling terhubung. Jika telah memiliki salah satu dari penyakit tersebut, sangat besar kemungkinan anda juga akan menderita penyakit yang tadi telah disebutkan secara beruntut jika anda tidak menjaga pola hidup.

Penyakit-penyakit tersebut merupakan jenis penyakit yang menyebabkan angka kematian tinggi padahal penyakit-penyakit tersebut merupakan penyakit dapat dicegah!

Resiko semakin tinggi terjadi jika anda merupakan seorang perokok aktif.

Pada perokok aktif, zat-zat yang dihasilkan oleh rokok akan merusak pembuluh darah dan membuat pembuluh darah mudah ruptur (robek atau putus). Selain itu rokok juga menimbulkan radikal bebas dalam tubuh.

Semakin tinggi radikal bebes dalam tubuh ditambah dengan tingginya konsumsi makanan berminyak dan berkolestrol, makin besar kemungkinan terjadinya salah satu dari penyakit tersebut.

Kadar kolesterol dalam tubuh seseorang tidak tergantung pada berat badan atau jumlah lipatan lemak tubuh. Jadi periksalah dengan rutin kadar kolestrol dalam tubuh anda.

Untuk mengurangi kadar kolestrol dalam tubuh, perbanyak exercize atau olahraga, hindari makanan berminyak dan berkolesterol, perbanyak mengkonsumsi sayur dan buah. Hindari buah yang terlalu manis seperti kelengkeng, mangga, dan lain-lain karna juga dapat menyebabkan meningkatnya gula darah tubuh. Perbanyak konsumsi kalsium dan perhatikan jumlah konsumsi garam pada penderita hipertensi tidak boleh melebihi 1 sendok makan per hari. Anda juga dapat mengkonsumsi fish oil jika dibutuhkan.

Fish oil berfungsi untuk menurunkan kadar LDL dalam tubuh. Jika kadar LDL dalam tubuh berkurang, maka kolesterol dalam tubuh juga akan berkurang dan tidak mengendap dalam pembuluh darah.

Normalnya LDL berfungsi untuk mengikat kolesterol dalam tubuh dan membawa kolesterol ke tempat yang dibutuhkan. Jika ikatan LDL dan kolesterol ini teroksidasi oleh radikasl bebas, maka ikatan LDL dan kolesterol tersebut akan mengendap di foam cell pada pembuluh darah. Jika endapan makin besar dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Jika penyumbatan tersebut terjadi pada pembuluh darah jantung; A. coroner, maka akan menyebabkan penyakit jantung koroner. Hal tersebut menyebabkan jantung tidak mendapatkan nutrisi dengan baik sehingga dapat berakibat fatal pada penderita jika tidak segera ditangani. (Klik disini untuk melihat video mekanisme kerja kolesterol jahat dan kolesterol baik.)

Pengendapan ikatan LDL teroksidasi juga dapat robek dan terlepas dari pembuluh darah. Resiko robek dan lepasnya endapan LDL teroksidasi tersebut makin tinggi pada pasien penderita hipertensi. Endapan LDL teroksidasi yang tadi terlepas bisa saja terbawa aliran darah menuju ke otak dan menyumbat pembuluh darah otak sehingga timbul Stroke emboli. Orang awam biasa menyebut penyakit tersebut sebagai Stroke. Stroke tidak (hingga saat ini belum) dapat disembuhkan, hanya dapat sedikit diringankan dengan rutin melakukan fisioterapi.

Mulailah untuk mengatur pola hdup agar lebih sehat, hindari hal-hal yang dilarang oleh dokter, patuhi saran dokter, lakukan pemeriksaan rutin terhadap kadar kolesterol, tekanan darah, dan kadar gula darah anda, Rutinlah berkonsultasi pada dokter untuk mengetahui perkembangan penyakit anda.

Mencegah lebih baik daripada mengobati.

Semoga membantu!

Untuk informasi lebih lengkap dan valid, hubungi dokter anda.

You can also leave a comment below if there’s something to asking! Thank you.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s