#HealthTips Simple Tips Menggunakan Toilet Umum Agar Tidak Tertular Penyakit

Ketika kita berpergian dan ingin buang air, kita terpaksa harus menggunakan toilet umum. Toilet umum digunakan oleh banyak orang dengan berbagai latar belakang kesehatan yang tidak kita ketahui dan mungkin dapat menular!

Banyak jenis penyakit menular dan mikroorganisme yang dapat berpindah hingga menyebabkan penyakit melalui penggunaan toilet yang tidak higienis, seperti penyakit menular seksual melalui sekret atau sisa kotoran yang tertinggal di kloset toilet, Trichomonas sp. yang dapat menular melalui air bak penampungan, TBC, E. coli, Pseudomonas aeruginosa, Staphylococcus aureus, Candida albicans, Salmonella, dan masih banyak lagi.

Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan toilet umum baik sehingga tidak tertular penyakit.

  1. Jika anda akan menggunakan kloset, pilihlah kloset jongkok. Hal ini berguna untuk mengurangi kemungkinan tertular bakteri, virus atau mikroorganisme lain melalui kloset duduk yang tidak disterilkan terlebih dahulu sebelum digunakan.
  2. Jika anda terpaksa atau ingin menggunakan kloset duduk di toilet umum, jangan lupa sediakan toilet seat dan tissue untuk mengantisipasi jika tidak ada tissue di toilet umum tsb. JANGAN PERNAH MENCOBA UNTUK JONGKOK DI ATAS TOILET DUDUK SEKALIPUN TERPAKSA. HAL TERSEBUT SANGAT BERBAHAYA! (Kloset duduk terbuat dari porselen atau keramik yang dapat pecah karena tidak mampu menahan berat badan anda, Pecahan porselen tersebut dapat menciderai bahkan berakibat fatal bagi anda jika anda tidak mampu menjaga keseimbangan). Penggunaan toilet seat berfungsi untuk mensterilkan kloset duduk yang hendak digunakan. Cara penggunaannya cukup mudah, cukup semprotkan di sekeliling dudukan toilet, kemudian basuh dengan tissue. Kloset duduk sudah steril dan siap digunakan! Toilet seat biasa dijual di apotek seperti Roxy, Guardian, dan lain-lain. Contoh toilet seat: IMG_20151211_121105Selain menggunakan toilet seat, anda juga dapat menggunakan tissue untuk melapisi dudukan toilet duduk. Toilet_Seat_Cover_Paper_Ass_Gasket
  3. Jika pada toilet umum tersebut air untuk membasuh berasal dari bak penampungan air, usahakan untuk membasuh menggunakan air yang berasal langsung dari kran yang mengalir. Berdasarkan hasil penelitian, sebagian besar air di dalam bak penampungan air toilet umum mengandung cukup banyak mikroorganisme, salah satunya Trichomonas yang dapat menyebabkan penyakit pada kelamin.
  4. Setelah selesai buang air, keringkan dengan tissue, terutama pada perempuan sehingga tidak lembab dan memperkecil kemungkinan jamur dan mikroorganisme hidup di area kelamin. Kemudian cuci tangan dengan sabun atau antiseptik.

 

Based on daily life, mohon maaf jika terdapat kata yang kurang berkenan. Simple namun dapat mencegah penularan banyak penyakit. Semoga bermanfaat!

Advertisements

One Reply to “#HealthTips Simple Tips Menggunakan Toilet Umum Agar Tidak Tertular Penyakit”

  1. Pingback: E Coli - PubliNews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s