#HealthTips Be Aware with Cholesterol on Your Foods!

Manusia mengkonsumsi banyak jenis makanan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh sehari-hari. Dewasa ini, kebanyakan orang tidak begitu mempedulikan ‘kandungan’ yang ada didalam makanan yang mereka makan, padahal ‘kandungan’ yang berada didalam makanan tersebut dapat mempengaruhi tubuh mereka secara keseluruhan. Banyak jenis zat yang dikandung oleh makanan, salah satunya adalah kolesterol.

Kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol. Normalnya sterol yang berasal dari kolesterol digunakan untuk bahan dasar pembentukan hormon dalam tubuh. Selain didapatkan melalui makanan, sterol sebenarnya telah dihasilkan oleh Hati dan sudah dapat memenuhi kebutuhan tubuh meskipun kita tidak mengkonsumsi kolesterol.

Normalnya manusia hanya memerlukan kolesterol tubuh yaitu 1.100 miligram kolesterol per hari. Jika kadar kolsterol yang masuk ke dalam tubuh terlalu banyak, hal tersebut dapat menyebabkan kolesterol menumpuk di pembuluh darah, terutama pada orang-orang yang memiliki kebiasaan merokok, memiliki penyakit hipertensi atau diabetes, mempunyai riwayat penyakit jantung di keluarga, jarang melakukan exercize, dan obesitas.

Di dalam tubuh terdapat mekanisme untuk membersihkan kolesterol agar tidak menumpuk dalam tubuh, namun jika kadarnya terlalu berlebihan kolesterol akan menumpuk di dinding pembuluh darah, membentuk plak, hingga akhirnya terbentuk aterosklerosis bahkan penyumbatan pembuluh darah.

Jika sumbatan kolesterol tersebut terlepas dari dinding pembuluh darah dan terbawa ke otak hingga menyumpat pembuluh darah di otak, hal tersebut dapat menyebabkan stroke.

Lebih bahaya lagi jika sumbatan kolesterol terbentuk di arteri coronaria, hal tersebut dapat menyebabkan infark miokard hingga gagal jantung!

Maka dari itu mulailah memperhatikan kadar kolesterol dalam makanan anda untuk mencegah terjadinya komplikasi yang lebih parah sejak dini!

Berikut list beberapa jenis makanan dan kadar kolesterol di dalamnya;

12243378_10205532281725797_3352827399747430116_n

Selain mengatur jumlah asupan kolesterol maksimal setiap hari, jangan lupa untuk melakukan exercize 4 kali seminggu.

Anda dapat mengunjungi klinik terdekat untuk melalukan pemeriksaan kadar kolesterol total, kadar total lemak jahat (LDL) dan kadar total HDL.

Konsultasikan dengan dokter anda agar mendapat informasi yang lebih valid dan lengkap untuk mencegah terjadinya komplikasi karna kelebihan kolesterol!

Semoga bermanfaat! Maaf jika terdapat kesalahan kata. Barakallah fikum.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s