#BookReview Sebelas Patriot (Andrea Hirata)

Sebelas patriot adalah novel karya Andrea Hirata yang lagi-lagi mampu menumbuhkan semangat untuk bisa sekolah di luar negeri~~

Novel ini pertama kali diterbitkan tahun 2011. Sama seperti sang pemimpi, novel ini sudah pernah saya baca sebelumnya—tapi hasil pinjeman. Namun karna semacam ‘kangen’ sama novel ini, maka akhirnya dibeli deh.

Novel ini masih bercerita tentang tokoh Ikal dan Arai—sepupunya yang berhasil melanjutkan Strata 2 di Univesite de Paris, Sorbonne, Prancis dengan beasiswa. Dalam novel ini diceritakan tentang usaha mereka untuk mewujudkan salah satu mimpi mereka; Menjelajah Eropa hingga Afrika dengan menjadi backpacker.

Berbeda dari novel-novel sebelumnya, dalam novel ini lebih ditekankan tentang kecintaan tokoh Ikal pada sepak bola, kisah sang ayah ‘si kecil sang sayap kiri’, dan sejarah sepak bola di kampungnya; dimana sepak bola menjadi salah satu bentuk pemberontakan terhadap Belanda.

Tokoh Ikal masih dengan misi lamanya dari novel-novel sebelumnya— ingin membahagiakan sang ayah. Ayahnya sangat menyukai PSSI. Suatu waktu ketika Ikal bertanya pada sang ayah tentang club bola lain yang ia sukai selain PSSI, sang ayah menjawab “Real Madrid” dan “Luis Figo” sebagai pemain favoritenya.

Ikal pernah ‘nyaris’ menjadi pemain muda PSSI dan gagal di penyisihan tingkat provinsi. Prestasinya dibidang sepak bola berawal dari bimbingan seorang pelatih Toharun, anak pelatih Amin dan semangat dari sebuah foto buram penuh bintik yang punya banyak cerita. Tokoh pelatih Toharun, filosofi buah-buahan, dan pandanganya terhadap pantat Ikal yang mirip Kevin Keegan.

Setelah pernah gagal pada tingkat provinsi saat pemilihan pemain junior PSSI dan merasa sangat mengecewakan sang ayah, kali ini Ikal ingin sekali membuat sang ayah bahagia dan berusaha sekuat tenaga agar dapat membelikan sang ayah kaus sepak bola bertanda tangan Luis Figo asli dari Toko cendaramata resmi Real Madrid di Estadio Santigo Bernabeu.

Seperti biasa, saya selalu kagum dengan tokoh Ikal. Ikal selalu ingin membahagiakan sang ayah yang bahkan tak pernah melontarkan harapan apapun pada sang anak. Kagum dengan kepintarannya, kagum dengan kemauannya dan kegigihannya, kagum karna cinta Ikal pada PSSI dan negaranya selalu dinomor satu kan ketimbang klub bola kesayangannya yang lain.

Jika kamu suka bola, novel ini sangat-sangat menambah kecintaanmu pada sepak bola. Jika kamu tak suka bola, maka kamu akan paham bagaimana perasaan jadi seorang penggila bola.

Mungkin jika Tuhan mengizinkan, aku ingin ke Manchester~

Dan selalu, novel-novel karya Andrea Hirata sangat direkomendasikan untuk memompa semangat hidup, menambah rangkaian harapan di masa depan untuk dikejar. Dan lagi-lagi tokoh Ikal mengajarkan bahwa:

Sekalipun kamu hanyalah seorang anak dari kampung di pulau kecil, hal tersebut tak pernah berarti bahwa mengunjungi atau bersekolah di ‘benua Eropa yang indah’ itu mustahil. Semua tergantung niat, usaha, dan doa. Jika punya mimpi, kamu harus gigih! Berjuang sampai titik darah penghabisan!

Oh iya, dalam novel ini juga ada bonus CD lho! Bonus CD tersebut berisi 3 track yang semua lagunya dibuat oleh Andrea Hirata sendiri dan dinyanyikan oleh Andrea Hirata and the Gila Bola Band. Semua lagu-lagu tersebut menggambarkan tentang betapa cintanya Andrea Hirata pada Indonesia, pada dunia sepak bola Indonesia, dan PSSI.

Sukses untuk Sepak bola Indonesia!!

Selamat Membeli, Selamat Membaca! xoxo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s