Bentuk, Ukuran, dan Warna Poop Kamu Ternyata Mengindikasikan Kesehatan Tubuh Kamu, lho!

Get your attention to your poop! Poop says everything about your health!

Judulnya sedikit menjijikan, perhatikan poop (kotoran/feses) mu setiap buang air besar.
Tapi jauh dari menjijikan, sebenarnya poop memberikan signal saat tubuhmu dalam kondisi yang kurang baik meskipun tubuhmu merasa sehat tanpa keluhan.
This post contain some “poop” picture. May it disturb you, but this for your health! Tak ada kata “jijik” untuk kesehatan! Lets check this out.

PENILAIAN POOP BERDASARKAN BENTUK DAN UKURAN.

Bristol_stool_chart.svg

Jika bentuk poop kamu separate hard lumps, like nuts. (Keras dan kecil-kecil), Artinya kamu kurang mengkonsumsi serat (buah dan sayuran), kurang minum air, atau kurang olahraga. Poop yang keras dan kecil ini dapat berbahaya bagi tubuh. Tak jarang poop keras dan kecil (fekalit) tersebut malah masuk dan menyumbat umbai cacing (apendiks) lho!
Jika sudah menyumbat, akan menyebabkan apendisitis akut dan membutuhkan tindakan operasi segera.

Jika poop kamu keras tapi berukuran sedikit lebih besar (Sausage-shaped), tubuh juga mengindikasikan bahwa kamu kurang mengkonsumsi serat (buah dan sayuran), kurang minum air, atau kurang olahraga. Jenis poop ini dapat menyebabkan hemoroid (Ambeien) lho! Hal ini disebabkan karena poop yang keras dapat mengiritasi “pilar-pilar” dinding anus yang kaya dengan pembuluh darah. Karna terus menerus teriritasi, pembuluh darah (vena hemoroidalis) akan mengalami pelebaran. “Pilar-pilar” dinding anus tersebut akan mengalami pembengkakan dan terbentuklah hemoroid.
ghhjjh

tingkatan-ambeien-wasir

Selain menyebabkan hemorroid, poop yang keras dan kebiasaan jarang poop dapat menjadi pemicu atau faktor resiko terjadinya kanker kolon lho!
Sering makan makanan yang dibakar (karsinogenik), memakan daging, jarang makan serat, menyebabkan dinding kolon teriritasi dan menyebabkan mutasi sel kolon (et causa carsinogenic).

Jika poop kamu berbentuk sausage-shaped, with crack in the surface or smooth and soft, selamat! poopmu mengindikasikan kamu cukup sehat!

Jika poop kamu A mushy stool bahkan watery no solid dengan frekuensi Buang air besar lebih dari 3 kali sehari, artinya kamu terkena diare!
Segera minum oralit dan banyak minum air agar kamu tak dehidrasi!

Jika kamu bentuk poopmu sering berubah dengan ekstrem (tiga hari ini diare, besok poopnya keras kecil-kecil, lantas jadi normal, kemudian poop keras lagi, lantas diare) berulang-ulang kali dengan atau tanpa penurunan berat badan, ayo segera periksakan diri ke dokter. Poop kamu sedang mengindikasikan terjadi hal yang tak baik terhadap ususmu.

PENILAIAN POOP BERDASARKAN WARNA

Normalnya poop berwarna kuning kecoklatan. Hal ini disebabkan karna adanya “sterkobilin” yang mewarnai poop. Poop yang berwarna kehijauan juga normal jika kamu mengkonsumsi serat (sayuran). Namun jika poop kamu berwarna pucat seperti dempul, hal ini mengindikasikan poopmu kurang “strekobilin” sebagai zat pewarna. Kurangnya sterkobilin pada poop dapat mengindikasikan terjadinya penyumbatan pada saluran kandung empedu atau adanya masalah pada hepar sehingga “bilirubin” tidak dapat diubah menjadi “sterkobilin”; poop kekurangan zat pewarna.

blog 027
Pale poop (Feses pucat)

Jika poop kamu berwarna hitam pekat seperti ini;

main-qimg-36d981128f301feb8c36b5e00460ad57
Melena poop

Segeralah periksakan diri ke dokter. Poop tersebut dapat mengindikasikan adanya perdarahan pada saluran cerna bagian atas anda.

Jika poop kamu normal dengan sedikit darah di atas atau di bawahnya seperti ini;

aug-16-2012pm-feces-very-soft-with-more-blood-mika-21
Hematochezia poop

Hal tersebut dapat mengindikasikan adanya perdarahan pada saluran cerna bagian bawah anda (kolon-rektum-anus).
Segeralah periksakan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan segera.


SEMOGA BERMANFAAT!
MAY ALLAH SWT BLESS US!

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s