#BOOKREVIEW MENJADI PRIBADI PEMANTAS HATI (PENULIS A.K)

Sejak buku “Tuhan mengujimu dengan Cinta” dan “Ya ALLAH tolong aku” karya A.K, saya mulai tertarik dengan buku karya penulis A.K. Bila dua buku sebelumnya berisi tentang cara menyikapi kesedihan dan hidup yang kadang tak mulus, buku Menjadi PRIBADI Pemantas Hati ini berisi tentang cara memantaskan diri untuk jodohmu kelak. Basically buku ini dapat dibaca untuk laki-laki maupun perempuan.

Meskipun buku ini bergenre Motivasi Islami, ulasan materi didalamnya tak seislami yang dipikirkan. Terdapat beberapa quote yang diambil dari al-quran maupun hadist, namun materi tak diulas seislami yang saya pikirkan.

20160822_101145-1

Masih seperti buku-buku karya penulis A.K yang lain, page sebelah kiri selalu dihiasi quote dan page sebelah kanan berisi ulasan.

20160822_101034-1

20160822_101005-1-1

“Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah untuk wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula)…” (QS. An-Nur:2)

Dalam buku ini dijelaskan sifat-sifat sempurna yang “harus” dimiliki seorang individu untuk memantaskan diri. Terdiri atas 212 halaman, buku ini dibagi menjadi 11 bab kecil. Berikut ulasan singkat dari beberapa babnya;

 

BAB 1 : PRIBADI YANG BERPENAMPILAN MENARIK.

Pada bab ini berisi tentang outer beauty yang harus dimiliki seorang individu agar terlihat menarik di mata “calon pasangan hidup”. Tak dapat dipungkiri bahwa saat pertama kali orang melihatmu, mereka akan menilai sifat dan kepribadianmu dari penampilanmu. Itulah kenapa selain inner beauty, outer beauty juga penting.

Pada bab ini terdapat 8 sub bab, yaitu; Pentingnya Outer Beauty, Penampilan yang Rapi, Kebersihan Diri Menentukan Kebersihan Jiwa, Berbusana Yang Baik Dan Pantas, Tampil Dengan Wangi, Tubuh Yang Bugar, Tidak Berlebih, Menutup Aurat.

Saya sedikit tidak setuju pada sub bab “Tampil dengan wangi”.
Saya pernah baca di salah satu hadist disebutkan bahwa “Seorang wanita yang memakai bau-bauan dan melintasi suatu kaum (orang banyak) maka dia itu adalah perempuan zina”. (Abu Dawud, Tirmidzi)

Nabi Muhammad s.a.w bersabda; “Siapa saja perempuan yang memakai minyak wangi kemudian keluar ke masjid niscaya tidak diterima shalatnya sehingga ia mandi dahulu (membersihkan dirinya dari wangi-wangian tersebut). (Sahih riwayat Ibnu Majah dari jalan Abu Hurairah)

Mohon diberi pencerahan jika jalan pikiran saya ternyata salah. ^^

 

BAB 2 : PRIBADI YANG MEMILIKI SIKAP BAIK.

Pada bab ini dijelaskan tentang pentingnya inner beauty dan sifat-sifat yang “harus” dimiliki untuk memantaskan diri. Well, saya merasa dituntut untuk sempurna setelah membaca bab ini. :”)
Bab ini terdiri atas 13 sub bab, yaitu; Pentingnya Inner Beauty, Tidak Sombong, Tidak Pamer Atau Membanggakan Diri, Rendah Hati, Tidak Emosional, Penyabar, Tenang, Ramah, Bertutur Kata Lembut, Berbicara Dengan Sopan, Jujur dan Dapat Dipercaya, Menjadi Diri Sendiri, Rajin Beribadah.

Bab ini adalah bab yang paling saya suka karna benar-benar membuat pikiran tergugah untuk berubah dan lebih memantaskan diri.

 

BAB 3 : PRIBADI YANG MENYENANGKAN.

Bab ini berisi tentang sifat-sifat yang disenangi banyak orang dan dapat menarik hati sang “calon” pendamping hidup. Sub babnya membahas hal-hal lumrah sebagai daya tarik seperti; Murah Senyum, Memiliki Rasa Humor yang Tinggi, Pandai Membuat Lelucon, Easy Going, Tidak Pernah Memaksa, Tidak Terlalu Dingin atau Pendiam, Tidak Terlalu Banyak Bicara, Menjadi Pendengar Yang Baik, Enak Diajak Ngobrol.

 

BAB 4 : PRIBADI YANG PINTAR.

Berisi tentang ulasan pribadi yang pintar, berwawasan luas, mampu mengembangkan bakat, dan mampu menjadi teman diskusi yang baik adalah hal yang harus dimiliki untuk memantaskan diri. At least, kamu dan pasanganmu kelak akan hidup bersama hingga akhir hayat, jadi teman bicaramu hingga nyawa tak dikandung badan, jadi perluaslah wawasanmu tanpa menyombongkan diri dan tak mendominasi saat bicara. Intinya sih yang saya tangkep “biar ngobrolnya bisa nyambung terus tanpa menggurui dan merasa paling pinter”.

 

BAB 5 : PRIBADI YANG BERPIKIR POSITIF

BAB 6 : PRIBADI YANG MEMIKIRKAN MASA DEPAN

Sub bab; Memiliki Pekerjaan Tetap, Bekerja dengan Rajin, Memiliki Cita-Cita yang Tinggi. Memiliki Rencana Masa Depan, Memiliki Kesamaan dalam Tujuan Hidup.

BAB 7 : PRIBADI YANG TIDAK TERPENGARUH MASA LALU.

Move on atas masa lalu. Meminta maaf dan tidak mengulangi kesalahan. Menjadi pribadi yang pemaaf. Mengubah kebiasaan buruk.

BAB 8 : PRIBADI YANG MENGHARGAI PASANGAN.

Bab ini ditujukan untuk mereka yang telah memiliki pasangan dan mengulas cara-cara agar suatu hubungan tetap langgeng.

BAB 9 : PRIBADI YANG BAIK KEPADA KELUARGA

BAB 10 : PENUTUP

BAB 11 : BUKU KARYA A.K

Cukup direkomendasikan untuk mereka yang masih single dan ingin memantaskan diri untuk jodohnya kelak~
Mohon maaf jika terdapat kesalahan kata atau bahasa yang mungkin menyinggung, semoga bermanfaat. Barakallah fiikum!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s