Patologi Anatomi Penyakit Kelamin pada Pria

  1. Condyloma Acuminata 

    Merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus HPV (Human papilloma virus) tipe 6 dan 11.Makroskopis:
    376242904_2eebe780a0_b.jpg
    article_9696.jpg

    Mikroskopis:
    1.Tampak stroma yang bercabang-cabang terdiri atas jaringan ikat dan pembuluh darah bersebukan sel radang menahun, dilapisi oleh epitel gepeng berlapis hiperplastik.
    2. Tampak parakeratosis dan pertumbuhan berjonjot-jonjot.
    3. Pada sel epitel di daerah stratum granulosum tampak sel yang mengandung badan inklusi merah dengan halo di luarnya.

    kondilomaak

  2. Seminoma
    Merupakan tumor sel benih yang paling sering dijumpai. Penyakit ini akibat dari tumor epitel germinativum. Tumor ini padat, biasanya tumbuh lambat, mendesak jaringan testis normal.Makroskopis:
    Tumor homogen berwarna abu-abu putih, labuler dengan berat sekitar 140 gram, dengan konsistensi kenyal. Kadang terdapat bagian yang mengalami nekrosis dan perdarahan.

    male084jpg_testis_seminoma_2112

    Mikroskopis:
    1. Tampak sel-sel tumor berkelompok dipisahkan oleh jaringan ikat tipis (jaringan fibrosa) yang mengandung sebaran limfosit.
    2. Jaringan tumorsolid dan sel tumor berbentuk bulat atau poligonal (polihedral), padat, uniform, inti hiperkromatik dengan anak inti jelas.

    m3

  3. Prostatic Hyperplasia
    Diakibatkan oleh ketidakseimbangan hormonal. Prevalensi kejadian pada laki-laki berusia 50-60 tahun yaitu 50% dan >90% pada laki-laki berusia >80 tahun.Makroskopis:
    Berat tumor dapat mencapau 70-100 gram, terdapat cairn jaringan sekitar 30 cc, warna putih kemerahan, tonjolan terdapat pada lobus lateralis dan medius, jarang pada lobus posterior. Konsistensi tergantung dari komponen yang hiperplastik (kelenjar, otot polos, kolagen).

     

    Mikroskopis:
    1. Tampak kelenjar prostate bertambah banyak dan besar karena stroma dan asini kelenjar mengalami hiperplasia dengan ukuran yang tidak sama besar.
    2. Epitel dari kelenjar prostate membentuk jonjot yang berkelok-kelok ke dalam lumen dengan epitel yang sebgian papiler, dilapisi oleh epitel selapis kubis dan sebagian lagi berisi kelenjar kistik.
    3. Tampak jaringan fibromuskuler bertambah, kadang padat sekali, yang disertai dengan serbukan sel radang menahun.
    4. Lamina basalis masih utuh.

    m1pmale072

  4. Prostate Carcinoma
    Karsinoma prostat merupakan jenis karsinoma yang paling banyak menyerang laki-laki di UK, Australia, dan US. Domina terjadi pada laki-laki berusia lebih dari 50 tahun. Kemungkinan disebabkan oleh hipertrofi dan sering ditemukan pada lobus posterior (bagian posterior dari lobus medius).Makroskopis:

    Berwarna keabu-abuan, dengan konsistensi keras. Tumor ini pada umumnya bercampur dengan stroma kelenjar.Presentation1.jpg

    Mikroskopis:

    1. Tampak sel-sel tumor diantara jaringan fibromuskuler (tanpa adenokarsinoma) dan masa nekrotik.
    2. Kadang tampak jaringan tumor epitelial tubuler, papiler, sel tumor atipik, polimorfik, dengan inti hiperkromatik berbentuk kecil bula dan terletak di tengah sel, sitoplasma banyak dengan batas sel jelas dan disertai dengan mitosis patologik. Stroma dianataranya tidak ditemukan.m1km4lllllprostate_cancer_with_gleason_pattern_4_low_mag

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s