Blog dan Sosial media jadi ladang Amal Jariyah?

Amal Jariyah itu apa sih?

Amal Jariyah adalah sebuah amalan yang pahalanya akan terus menerus mengalir hingga hari kiamat, walaupun orang yang melakukan amalan tersebut sudah meninggal dunia.

Terdapat beberapa hadis yang menjelaskan tentang amal jariyah.

“Apabila anak Adam (manusia) wafat, maka terputuslah semua (pahala) amal perbuatannya kecuali tiga macam perbuatan, yaitu sedekah jariah, ilmu yang berman­faat, dan anak saleh yang mendoakannya” (HR. Muslim).

“Sesungguhnya diantara amal kebaikan yang mendatangkan pahala setelah orang yang melakukannya wafat ialah ilmu yang disebar­luaskannya, anak saleh yang ditinggalkannya, mushaf (kitab-kitab keagamaan) yang diwariskannya, masjid yang dibangunnya, rumah yang dibangunnya untuk penginapan orang yang sedang dalam perjalanan, sungai yang dialirkannya untuk kepentingan orang banyak, dan harta yang disedekahkannya” (HR. Ibnu Majah).

Dari dua hadis di atas, diketahui bahwa ilmu yang bermanfaat dan disebarluaskan dapat menjadi ladang amal jariyah bagi umat manusia. Maka sosial media dan blog jika dikelola dengan baik dan berisi informasi yang baik Insya Allah dapat menjadi ladang amal jariyah, lho!

Sama seperti menulis buku atau mengajarkan orang lain hal-hal baik, jika posting yang kamu bagikan memberi manfaat bagi orang lain, Insya Allah bisa jadi amal jariyah. 🙂
Yuk mulai tulis hal-hal yang bermanfaat! 🙂

“Setiap penulis akan mati. Hanya karyanyalah yang abadi. Maka tulislah sesuatu yang membahagiakan dirimu di akhirat nanti.” (Ali bin Abi Thalib)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s