Patologi Anatomi Tumor pada Sistem Saraf (Gambaran CT Scan, Makroskopis, dan Mikroskopis)

A. ASTROSITOMA.
Astrositoma merupakan tumor intraserebral TERSERING yang berasal dari sel glia. Sering juga ditemukan di Serebellum. Bersifat invasif. Berdasarkan derajat keparahannya dibagi jadi 4. Derajat 1 paling jinak dan derajat 4 adalah yang paling ganas. Jenis derajat rendah dominan ditemukan pada anak-anak, dan yang derajat tinggi biasanya ditemukan pada orang tua.

Pertumbuhan tumor ini cepat, kadang disertai perdarahan dan nekrosis serta edem jaringan sekitarnya, sehingga seolah-olah bersimpai (simpai semu)

Makroskopis :
Kadang berbatas tegas, pada palpasi teraba tumor dengan konsistensi keras dan merupakan massa berwarna putih kelabu.
440072_anaplastisches-astrozytom_v2cns12538439tn

Mikroskopis :
1. Tidak tampak adanya batas tumor dari jaringan otak yang normal.
2. Massa tumor tampak seluler dan menunjukkan neuroglia yang bercabang-cabang banyak sehingga tampak fibriler (astrositoma fibriler) dengan inti sel lebih besar daei inti sel normal, gambaran kromatin lebih kasar dan sel tumor tersusun lebih padat.
3. Mitosis tidak ditemukan
(Bedakan antara bipolar cell dan multipolar cell ya!)

medium_401_2007_243_fig6_htmlfigure3a

B. MENINGIOMA
Merupakan tumor primer dari meningen (sel arachnoid, fibroblas, dam pembuluh darah). Dominan pada wanita. Sering terjadi pada sepauh bagian depan rongga tengkorak. Kadang tumor invasif dan agresif, namun bukan suatu tanda keganasan mutlak. Tumor ini dapat bersifat jinak, ganas, maupun atipik (diantaranya).

Makroskopis :
Tumor berwarna putih kelabu, bulat, solid, dan berbatas tegas dengan lobul-lobul yang tumbuh mendesak jaringan otak tapi tidak masuk ke dalam otak karena bersimpai, dan selalu melekat pada dura mater.

index_il01locationstypesofmeningioma4523880585f2meningiomas-in-pregnancy-a-clinicopathologic-study-of-17-cases7-21l


Mikroskopis :
1. Tampak sel-sel tumor tersusun kumparan sebagau concentric whorl.
2. Inti berbentuk bulat, oval, sitoplasma bergranular halus.
3. Stroma mengandung serabut kolagen.
4. Psamoma
5. Khasnya terdapat inklusi intranuklear (seperti lingkaran ungu dengan bagian tengah berwarna bening), tersusun konsentris (melingkar).

hemangioblastoma-2
Hemangioblastoma
jdmiles___0000002675_1233538239_i
Oligodendroglioma

cell-injuryadaptation-5-28-63855a64302fb1fc1427cdf0254d46c0eaaoptic-nerve-tumors-ppt-48-638case-26d

C. SCHWANNOMA (NEURILEMOMA)
Merupakan tumor jiank asal sel Schwamm. Bersimpai, tumbuh ekspansif dan mendesak saraf otak ke lima dan ke tujuh, pons, serta medulla sehingga terjadi obstruksi aliran CSF dengan Hydrocephalus serta merusak meatus acusticus internus. Kelainan ini TIDAK ditemukan pada anak.

Makroskopis :
Permukaan tidak teratur, terdapat tonjolan dan bagian yang kistik, tampak bagian yang padat dan kistik pada penampang. Ukuran kista bervariasi namun umumnya kecil-kecil dan jumlahnya sedikit, terdaoat bagian yang berwarna kuning jingga.
acoustic_tumor_w265-220x1562c95020ece106614c588eadd3fae8badperiph-nerve-tumors-bdyjpgfig-9-intraopscwannomaaa

Mikroskopis :
1. Tampak bagian ANTONI A : terdiri atas sel-sel yang memanjang dengan inti yang tersusun berderet-deret seperti pagar (palisade).
2. Diantara sel terdapat serabut retikulin. Serabut ini dan sel schwann membentuk Verocay body (Jisim Verocay).
3. Tampak bagian ANTONI B : terdiri atas anyaman serabut retikulin yang longgar (sembab) dengan sel-sel schwan yang tersusun tidak teratur.
4. Kadang-kadang tampak mikrokista, perdarahan kecil-kecil, makrofag yang mengandung hemosiderin dan sel radang menahun.

verocay-body
slide_73

s01-78
Untuk menegakkan diagnosis secara PA, maka harus ditemukan gambaran ini.

D. NEUROFIBROMA
Merupakan tumor yang berasal dari jaringan ikat serabut saraf tepi. Bedanya dengan Schwannoma, neurofibroma biasanya tumbuh MULTIPEL dan umumnya TIDAK BERSIMPAI. Kebanyakan dijumpai di BAWAH KULIT dan umunya terdiri atas jaringan renggang. Tumor ini berasal dari ujung serabut saraf dan membentuk tonjolan keras (nyeri pada tonjolan!) yang tumbuh secara merata hingga seluruh serabut saraf menebal.

Makroskopis :
Tumor berwarna putih keabu-abuan, tidak bersimpai dan dapat tunggal ataupun multiple.


Mikroskopis :
Tampak jaringan renggang lonjong dengan sel-sel, bentuk inti berombak tidak lurus (sel schwann dan fibroblas). Ciri khas; inti selnya bergelombang (Wavy). Epidermis atrofi. Stroma miksoid (pucat) (lihat massa bulat!).

p6150310_vmvhzvh-max-1000x800m1

neurofibroma1ann
Nomor 3 adalah inti bergelombang(wavy)

microscopic-aspect-of-neurofibroma-with-floret-like-cells-a-overview-to-show-diffuse-png

*maaf ya part D gaada Ct Scannya*

Semoga bermanfaat!
Jika ada yang ingin ditanyakan, boleh dilampirkan pada kolom komentar. Terima kasih.

Leave a comment