Duhai Tuhan, Hatiku Gundah.

Hatiku gundah. Hatiku galau, sedih. Aku lelah menangis. Aku punya banyak masalah.

“Tuhan peluk aku sebentar, aku lelah.”
“Tuhan, ambil aku, aku lelah.”
Adalah dua contoh kalimat paling sering ditulis di sosial media sebab rasa sedih.

Sedih, gundah, adalah perasaan yang manusiawi. Semua orang pernah mengalaminya. Yang salah adalah ketika kamu biarkan sedihmu berlarut merenggut seluruh harimu yang harusnya bahagia atau bahkan membuatmu lupa seluruh karuniaNya.

Ku beri tahu kalimat yang insya Allah mampu melenyapkan sedih dan gundahmu.

Allah maha baik.
Kamu tak akan dibiarkan sedih secara berlarut-larut jika jiwamu dekat denganNya.


Analogikan hatimu yang sedang galau, sedih, gundah bak sebuah mobil yang rusak. Jika mobilmu rusak dan tetap kamu gunakan, malah akan tambah rusak. Kamu pasti akan membawa mobilmu yang rusak ke ahlinya (montir bengkel) untuk diperbaiki. Nanti akan kamu ceritakan pada montir tentang kerusakan mobilmu sehingga sang ahli mesin mobil dapat memperbaiki kerusakan pada mobilmu dengan baik.

Begitu juga dengan hatimu yang sedang gundah. Agar hatimu merasa lebih baik, agar sedih dan gundahmu terobati, kamu perlu membawanya ke ahlinya. Siapa ahli dari hati dan masalahmu? Allah. Allah dapat dengan mudah membolak-balikkan hati seseorang dan merubah keadaan hidupmu yang sedang bermasalah. Menerangkan pikiranmu hingga masalahmu menemukan jalan keluar terbaik.

Datanglah padaNya. Berwudhulah. Shalatlah. Mengadulah. Bicaralah lewat doamu. Ceritakan seluruh keluh kesahmu. Tumpahkan sedihmu, gundahmu, dalam sujudmu. Setiap hari. Jangan hanya saat tersandung masalah.

Allah berfirman di dalam hadis qudsi,
أَنَا عِنْدَ ظَنِّ عَبْدِيْ بِي، وَأنَا مَعَهُ حِيْنَ يَذْكُرُنِي، فَإِنْ ذَكَرَنِي فِى نَفْسِهِ ذَكَرْتُهُ فِى نَفْسِيْ، وَإِنْ ذَكَرَنِي فِى مَلَإٍ ذَكَرْتُهُ فِى مَلإٍ خَيْرٌ مِنْهُ، وَإنْ اقْتَرَبَ إليّ شِبْرًا تَقرّبْتُ إِلَيْهِ ذِرَاعًا، وَإِنْ اقتَرَبَ إليّ ذِرَاعًا اقْتَرَبْتُ إِلَيْهِ بَاعًا، وَإنْ أتَانِى يَمْشِى أتَيْتُهُ هَرْوَلَة.
Aku sesuai dengan prasangka hamba-Ku. Aku bersamanya ketika ia mengingat-Ku. Apabila ia mengingat-Ku di dalam dirinya, maka Aku akan mengingatnya di dalam diri-Ku. Dan apaila ia mengingat-Ku (menyebut nama-Ku) dalam suatu perkumpulan manusia, maka Aku akan menyebut namanya di dalam suatu perkumpulan yang lebih baik dari perkumpulannya (baca: perkumpulan malaikat). Apabila ia mendekatkan dirinya kepada-Ku sejengkal, maka Aku akan mendekat kepadanya se-hasta, dan apabila ia mendekat kepada-Ku se-hasta maka Aku akan mendekat kepadanya se-depa. Dan apabila ia mendatangi-Ku dengan berjalan maka Aku akan mendatanginya dengan berlari-lari kecil.“(HR. Bukhari, Ahmad, Tirmidzi).

Ketika merasa hidup ini begitu menyedihkan, berdoalah padaNya, agar Allah melapangkan hatimu, menenangkan gejolak hatimu,  menguatkan jiwamu untuk menghadapinya.

1484538266478
Allah menyayangimu.

Kamu tak pernah dibiarkan Allah menghadapi masalahmu seorang diri. Seberat apapun masalah yang dihadapi, selalu yakinlah bahwa;

I’m not alone, Allah is always here with me.

Dan Allah tak pernah memberikan masalah maupun cobaan melebihi kapasitasmu. Allah maha baik, segala takdir yang dituliskan olehNya untukmu adalah hal paling baik. Meskipun kadang menyakitkan.. tapi ingatlah;

allahh.jpg

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s